Profile

Gambaran Umum CDC Universitas Alma Ata

Career Development Center Universitas Alma Ata atau disingkat CDC merupakan salah satu divisi yang berada di bawah Direktorat Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Alma Ata. Salah satu peran sebuah Universitas adalah menghasilkan lulusan yang professional, menjungjung tinggi nilai keilmuan dan mengedepankan kaidah ilmiah sebagai  landasan setiap amal perbuatannya, berakhlak mulia, dan berpegang teguh pada ajaran agama Islam mengabdi untuk kepentingan umat sehingga para lulusannya dapat diserap di dunia kerja dan merupakan tanggung jawab institusi untuk dapat menghasilkan lulusan seperti tersebut di atas.

CDC UAA at Glance 

Career Development Center Universitas Alma Ata atau disingkat CDC merupakan salah satu divisi yang berada di bawah Direktorat Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Alma Ata. Salah satu peran sebuah Universitas adalah menghasilkan lulusan yang professional, menjunjung tinggi nilai keilmuan dan mengedepankan kaidah ilmiah sebagai  landasan setiap amal perbuatannya, berakhlak mulia, dan berpegang teguh pada ajaran agama Islam mengabdi untuk kepentingan umat sehingga para lulusannya dapat diserap di dunia kerja dan merupakan tanggung jawab institusi untuk dapat menghasilkan lulusan seperti tersebut di atas.

Universitas Alma Ata sebagai institusi yang setiap tahunnya menghasilkan lulusan memunyai tanggung jawab untuk menjamin lulusannya cepat memperoleh pekerjaan melalui pelatihan-pelatihan dan informasi lowongan pekerjaan yang mutakhir. Kecepatan dalam memperoleh informasi lowongan pekerjaan dan kompetensi yang dimiliki oleh lulusan diharapkan mampu memperpendek masa tunggu lulusan dalam mendapatkan pekerjaan sehingga lulusan akan mampu menghadapi persaingan di dunia kerja.

Berdasarkan kondisi diatas maka UAA perlu untuk mendirikan Pusat Karir sebagai wadah untuk mengembangkan kualitas sumber daya manusia yang berkualitas dan menjadi tenaga kerja ahli. Pusat Karir UAA diharapkan mampu menjembatani lulusan menuju ke dunia kerja.

Visi dan Misi

Dalam menjalankan setiap kegiatannya, CDC berpegang teguh pada Visi dan misi CDC. Berikut visi misi CDC Universitas Alma Ata adalah :

  1. Visi : Pada tahun 2040 CDC Universitas Alma Ata menjadi pusat pengembangan sumber daya manusia yang unggul, mandiri, berdaya saing global, berkontribusi terhadap pembangunankesejahteraan bangsa dan peradaban dunia berlandaskan nilai-nilai keislaman dan kebangsaan Indonesia.
    1. Meningkatkan daya saing dan daya juang lulusan yang unggul, mandiri, professional dan berakhlak mulia sehingga mempunyai peluang lebih tinggi untuk diterima sebagai tenaga kerja professional di pasar global.
    2. Menyiapkan program kewirausahaan (knowledge & soft skill) didalam kurikulum untuk menciptakan wirausahawan yang inovatif dalam bidang usaha yang berbasis kesehatan, pendidikan dan ekonomi
    3. Memberikan dukungan kepada dunia usaha dan pemerintah Indonesia dalam meningkatkan kemajuan dunia usaha dan menurunkan angka pengangguran melalui kontribusi SDM yang kompeten.Misi :
    4. Menjadi penghubung antara institusi dengan dunia kerja dalam informasi ketenagakerjaan dan peluang-peluang usaha


Fungsi dan Aktivitas Pusat Karir Universitas

  1. Sebagai  pusat Pelatihan terkait Kompetensi  Inti Program Studi
  2. Sebagai  pusat Pelatihan terkait Kompetensi   umum tambahan
  3. Sebagai pusat pelaksana  tracer study
  4. Sebagai pusat pengelolaan kegiatan magang
  5. Sebagai pusat informasi  lowongan pekerjaan

Bentuk Kegiatan

  1. Penyelenggaraan Bursa Kerja : Penyelenggaraan Bursa Kerja merupakan kegiatan pemberian informasi kebutuhan tenaga kerja di beberapa instansi kepada alumni maupun calon lulusan dalam satu waktu tertentu baik dengan mendatangkan instansi yang terkait maupun sebatas pemberian informasi kebutuhan tenaga kerja dengan memfasilitasi alumni yang akan memasukkan lamaran di instansi tersebut
  2. Pelatihan/Workshop : CDC Universitas Alma Ata melaksanakan pelatihan baik softskill maupun hardskill kepada alumni atau calon lulusan untuk memppersiapkan diri memasuki dunia kerja. Pelatihan yang rutin diadakan setiap tahunnya adalah pelatihan Melamar pekerjaan berupa bagaimana membuat lamaran kerja yang baik, menghadapi proses wawancara, dsb
  3. Penempatan Kerja Alumni : CDC Universitas Alma Ata bekerjasama dengan berbagai Instansi dalam hal pemberian informasi kebutuhan tenaga kerja atau penempatan tenaga kerja. Informasi yang diperoleh CDC akan disampaikan kepada alumni yang kualifikasinya sesuai dengan kebutuhan tenaga kerja yang diharapkan
  4. Seminar Karir : Seminar karir diadakan bagi calon lulusan sebagai bekal untuk memasuki dunia kerja. Materi yang diberikan saat seminar karir meliputi motivasi karir dengan mendatangkan motivator dan wirausaha sukses, dan materi tentang studi lanjut, serta gambaran dunia kerja yang dibawakan oleh dinas tenaga kerja
  5. Penyebaran Informasi Kerja : Penyebaran informasi kerja diberikan baik melalui media sosial seperti Whatsapp grup atau melalui website CDC
  6. Karir Konseling : Karir konseling adalah layanan bimbingan dan konseling seputar karir, baik bagi calon lulusan maupun alumni yang membutuhkan arahan untuk meniti karir. Karir konseling dilaksanakan oleh bagian Bimbingan Konseling melalui chating whatsapp ataupun secara langsung ke bagian Kantor Bimbingan Konseling yang jadwalnya akan ditentukan terlebih dahulu dan diumukan lewat web.
  7. Tracer Study : Pelacakan jejak lulusan untuk mengetahui apakah outcome pendidikan di Universitas terhadap dunia kerja apakah lulusan tersebut sudah mendapatkan pekerjaan atau melanjutkan studi serta sebagai upaya untuk mengevaluasi proses pembelajaran sudah sesuai dengan yang dibutuhkan di dunia kerja dan sebagai bahan masukan untuk pembelajaran kedepannya dengan masukan baik dari lulusan maupun pengguna lulusan. Tracer study dilaksanakan dengan bantuan oleh masing-masing program studi.